Pages

Rabu, 19 Juni 2013

ASIDIMETRI

ASIDIMETRI adalah analisis (volumetri) yang menggunakan asam sebagai larutan standaruntuk menentukan kadar zat yang bersifat basa.
Prinsip penetapannya adalah larutan zat uji yang bersifat basa di titrasi dengan larutan baku asam dengan reaksi netralisasi yaitu reaksi antara ion hidrogen yang berasal dari asam dengan ion hidroksida yang berasal dari basa untuk menghasilkan air yang bersifat netral.
Larutan standar sekunder yang digunakan adalah HCl, larutan standar sekunder adalah larutan yang sudah diketahui kadarnya, penimbangan dan pembuatannya dilakukan secara tepat, sebelum digunakan harus distandarisasi terlebih dahulu dengan larutan standar primer. Larutan standar primer yang digunakan adalah Na2CO3.10H2O atau bisa juga Na2B4O7.10H2O .
Indikator yang digunakan adalah methyl red, methyl orange, dimethyl gel. Jika menggunakan methyl red maka akan terjadi perubahan warna dari kuning menjadi merah muda konstan. Reaksi yang terjadi antara zat-zat yang ditentukan dengan larutan standar harus memenuhi syarat yaitu :
  1. Reaksi harus sederhana sehingga mudah dituliskan dengan persamaan reaksinya
  2. Reaksi harus terjadi dengan cepat
  3. Saat tercapaiTAT harus terjadi perubahan yang jelas 
  4. Indikator yang digunakan memberikan TAT yang jelas 
Daftar Pustaka : 
Gandjar, Ibnu Gholit.2009.Kimia Farmasi Analisis. Jogjakarta:Pustaka pelajar

0 komentar:

Posting Komentar